Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Rusak

Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Rusak

Mesin cuci adalah salah satu alat yang sangat membantu pekerjaan rumah tangga. Baju kotor atau jenis kain lain yang perlu dibersihkan bisa dicuci dengan alat ini. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Apalagi, sekarang ini sudah ada mesin cuci satu tabung yang bisa Anda pakai tanpa perlu repot memindahkan pakaian kotor ke tabung yang lain. Namun, sayangnya mesin cuci cukup rentan untuk mengalami kerusakan. Biasanya, Anda memerlukan jasa service mesin cuci untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa hal yang bisa Anda lakukan secara mandiri untuk memperbaiki kerusakan mesin cuci.

Mulai lakukan cek pada bagian luar mesin cuci

Seringkali, Anda pasti langsung mengambil kesimpulan bahwa kerusakan terjadi pada bagian dalam mesin cuci. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Akan lebih baik bila Anda melakukan cek pada bagian luar mesin cuci. Pertama, cek apakah kabel mesin cuci tertancap secara benar dengan sumber listrik atau tidak. Selain itu, lihatlah apakah kabel dari mesin cuci mengalami kerusakan atau tidak. Selain memeriksa keadaan kabel dan sumber listrik, Anda juga perlu memerhatikan apakah pintu mesin cuci sudah tertutup dengan sempurna atau belum. Beberapa mesin cuci didesain untuk beroperasi ketika pintu mesin cuci sudah tertutup dengan benar.

Menjaga kebersihan mesin cuci juga bisa Anda jadikan proses perawatan mesin cuci. Jangan sampai karena Anda lalai dalam menjaga kebersihan, kotoran justru akan menumpuk dalam mesin cuci sehingga membuat mesin cuci menjadi rusak. Setiap habis digunakan, pastikan Anda membersihkan mesin cuci dengan benar. Jangan sampai ada sisa sabun yang tertinggal. Sisa sabun yang tertinggal lama-kelamaan akan menumpuk sehingga menghambat kinerja mesin cuci. Selain itu, pastikan mesin cuci yang telah digunakan menjadi kering secara alami. Jangan langsung menutup tabung mesin cuci. Biarkan air sisa penggunaan kering dengan sendirinya. Bila Anda terbiasa meninggalkan mesin cuci dalam keadaan lembab, sangat mungkin adanya kemunculan jamur yang akan merusak mesin cuci secara perlahan.

Dalam pengoperasiannya, mesin cuci terdiri dari berbagai macam komponen yang saling terhubung. Bila salah satu komponen mengalami kerusakan, maka cara kerja mesin cuci akan menjadi terganggu. Kerusakan pada komponen mesin cuci diakibatkan oleh berbagai macam hal. Salah satu yang menjadi penyebab adalah lama penggunaan. Komponen yang digunakan dalam jangka waktu yang lama akan menjadi aus atau tidak bisa dipakai lagi. Bila sudah demikian, Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Beberapa komponen yang biasanya sering mengalami kerusakan adalah pompa air, katup, sabuk pemutar dan beberapa komponen yang lain. Bila cara di atas sudah Anda lakukan, tapi mesin cuci masih belum mau beroperasi secara normal, Anda bisa langsung menghubungi tukang servis yang akan membantu Anda memperbaiki mesin cuci.