Mengenal Bagian-bagian Ginjal dan Fungsinya Serta Tahap Penyaringan Darah Hingga Menjadi Urine

Mengenal Bagian-bagian GinjalGinjal termasuk salah satu organ tubuh penting bagi manusia, mengingat fungsinya adalah digunakan sebagai organ penyaringan darah dan juga untuk ekskresi, yaitu pembuangan zat-zat sisa dalam bentuk urine. Pada dasarnya setiap orang setidaknya memiliki 2 buah ginjal yang ada di dalam tubuhnya. Setiap ginjal tersebut terdiri dari bagian-bagian ginjal dan fungsinya masing-masing. Jika seandainya terjadi kerusakan pada salah satu bagian ginjal tersebut secara otomatis akan memicu masalah kesehatan yang serius.

Kebanyakan diantara masyarakat memang tidak menyadari cara menjaga kesehatan ginjal mereka dengan benar, sehingga tidak heran jika seandainya ketika masih berusia muda bahkan resiko kerusakan juga sudah sangat tinggi. Meskipun pada dasarnya ada cangkok ginjal yang dapat digunakan untuk menggantikan ginjal yang sudah rusak tersebut dengan yang baru. namun juga harus diketahui bahwa harga untuk sebuah ginjal sangatlah mahal, belum tentu juga ada yang menjualnya.

Secara umum ginjal terbagi atas beberapa bagian, diantaranya adalah:

  1. Korteks, ini adalah bagian paling luar dari organ ginjal, ia dikelilingi oleh kapsul ginjal dan juga jaringan lemak yang ada di permukaannya, dimana bagian tersebut digunakan untuk melindungi ginjal dalam.
  2. Medula, kemudian bagian yang kedua adalah medula, yaitu sebuah jaringa ginjal halus yang ada di bawah permukaan korteks. Di dalam bagian medula ini sendiri terdiri dari lengkung Henle dan juga piramida ginjal. Terdapat juga komponen yang lainnya yaitu nefron dan juga tubulus. Bagian yang dinamakan sebagai tubulus ini sendiri bekerja untuk mengangkut cairan ke dalam ginjal, menjauh dari bagian nefron dan juga untuk mengangkut urine keluar dari ginjal.
  3. Pelvis, dikenal juga sebagai renal pelvis, ini adalah bagian paling dalam dari sebuah ginjal, bentuknya seperti corong, berfungsi sebagai sebuah jalur agar nantinya cairan dapat dikeluarkan menuju ke kandung kemih, tentunya setelah melalui proses penyaringan. Bagian pertama dari pelvis tersebut umumnya mengandung calyces, bagian inilah yang nantinya bekerja untuk mengumpulkan cairan sebelum nantinya bergerak menuju kandung kemih.

Pada dasarnya ginjal ini sendiri bekerja dengan beberapa tahapan atau skema, berikut ini diantaranya tahapan pembentukan urine atau penyaringan darah hingga nantinya sampai hanya terbentuk zat sisa yaitu urine saja dikeluarkan dari dalam tubuh, yaitu:

  1. Tahap pertama, proses pertama adalah penyaringan darah yang terjadi di bagian glomerulus. Hasil sisa dari penyaringan pertama ini nantinya masih mengandung air, glukosa, garam dan juga urea.
  2. Tahap kedua, pada tahapan ini nantinya zat-zat yang masih dibutuhkan oleh tubuh akan diserap oleh tubulus proksimal dan juga lengkung Henle, penyerapan kembali urine primer tersebut nantinya akan menghasilkan urine sekunder.
  3. Tahap ketiga, tahapan ketiga adalah pengeluaran zat atau yang dikenal sebagai augmentasi. Urine sekunder yang nantinya akan dikeluarkan oleh tubuh melalui pembuluh kapiler akan melepaskan zat-zat yang sudah tidak digunakan oleh tubuh, baru nantinya akan terbentuk urine yang sesungguhnya.
  4. Tahap keempat, bagian yang paling akhir adalah ketika kandung kemih sudah cukup penuh, maka nantinya akan ada hasrat untuk buang air kecil, sehingga hasil ekskresi dari darah dalam bentuk urine ini nantinya akan dikeluarkan oleh tubuh.

Setidaknya itulah bagian-bagian ginjal dan fungsinya, juga bagaimana tahap pembuatan pembentukan urine dari ginjal sampai nantinya bisa dikeluarkan oleh tubuh. Penting mulai dari sekarang untuk menjaga kesehatan organ tubuh yang satu ini.